Selasa, 14 Desember 2010

Andriy Shevchenko

Di tengah dominasi bintang-bintang dari Amerika Latin maupun Eropa Barat, muncul seorang bintang yang berasal dari negara kecil pecahan Uni Soviet, Ukraina. Adalah Andriy Mykolayovych Shevchenko yang lebih beken dipanggil Sheva ini muncul sebagai pemain paling bersinar di dataran Eropa.Karirnya melesat tajam sebagai pencetak gol yang subur setelah direkrut oleh klub raksasa Italia, AC Milan pada tahun 1999 dari klub yang membesarkannya, Dinamo Kyiv. Bersama AC Milan, 100 gol telah dicetaknya dalam lima musim terakhir di Seri A Liga Italia. Shevchenko menjadi pemain asaing pertama yang pernah menyandang gelar pencetak gol terbanyak.

Pemain kelahiran Dvirkivschyna 29 September 1976 itu memang memiliki modal untuk menjadi salah satu pemain depan paling berbahaya. Skill, keberanian dan semangat yang dimiliki membuat Shevchenko menjadi momok menakutkan bagi setiap pemain belakang. Sebagai kapten Ukraina, Shevchenko membawa negaranya lolos pertama kali ke putaran final Piala Dunia 2006 di Jerman.

Bakat sepakbola Sheva berawal dari sentuhan Alexander Shpakov yang mengajaknya bergabung dengan Dynamo Kiev. Setelah mengantarkan klub ibu kota itu merebut lima kali gelar liga, ia resmi bergabung dengan Milan, Juni 1999. Di Italia, penampilannya kian bersinar dan sampai menjadi kesayangan sang pemilik klub, Silvio Berlusconi.

Kini, setelah tujuh musim menjadi goal getter bagi Rossoneri dan telah berhasil menjadi pemain terbaik Eropa pada 2004, Shevchenko memutuskan untuk bergabung dengan juara Liga Premier Inggris, Chelsea.

1 komentar:

  1. wlpun Shevchenko dah ga di milan lagi ttap jasanya ga akan bisa dilupakan milan..termasuk juga kami sebagai milanisti sejati.

    BalasHapus